Mengenal Apa itu Unique Selling Proposition dan Cara Menentukannya

medikastar.dking.id – Tahukah anda apa hal yang membedakan bisnis anda dengan kompetitor?

Pembedanya adalah nilai jual unik yang berbeda atau yang disebut dengan Unique Selling Proposition (USP).

Dalam dunia bisnis, pasti selalu ada kompetitor dan itu bukanlah suatu hal yang perlu ditakutkan. Dari kompetitor kita dapat belajar banyak hal seperti strategi marketing  apa yang mereka terapkan, juga mengetahui kualitas produknya.

Maka dari itu, kali ini DKing akan membantu anda untuk belajar tentang Unique Selling Proposition (USP). Yuk simak!

Apa itu Unique Selling Proposition?

Melansir dari Entrepreneur, USP adalah pertimbangan dari penjual sebagai alasan bahwa produk atau jasa mereka lebih unggul dari kompetitor.

Melihat dari definisi USP itu sendiri, sudah jelas bahwa itu adalah suatu hal yang harus dibuat oleh setiap brand agar produknya bisa terlihat lebih menarik dari kompetitor.

Saat membeli produk, konsumen terlebih dahulu tentu akan membandingkan beberapa produk sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan.

Beberapa hal yang pasti menjadi pertimbangan konsumen adalah harga, keuntungan yang ditawarkan serta kepopulerannya.

Agar konsumen mau memilih produk yang kita tawarkan, tentu harus ada hal spesifik yang ditawarkan pada mereka.

Neil Patel mengatakan bahwa USP adalah suatu tujuan bisnis yang spesifik agar brand kita bisa lebih dikenal. Banyak pelaku bisnis yang melakukan kesalahan saat menjalankan bisnisnya karena kurang spesifik dalam menunjukkan kelebihannya sehingga sulit untuk menggaet konsumen.

Hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan USP adalah apa hal spesifik yang bisa ditawarkan oleh brand sehingga mampu untuk lebih menarik dari kompetitor.

Cara Menentukan Unique Selling Proposition

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menentukan USP:

Mengetahui target pasar dan potensial pasar

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenal dengan baik tentang target pasar. Anda bisa mencari informasi demografis konsumen hingga perilaku mereka saat mengkonsumsi suatu produk.

Melihat strength dan weakness kompetitor

Selanjutnya, anda bisa coba untuk mengajak audiens berkomunikasi lewat brand produk, jangan lupa melihat kompetitor juga ya.

Anda juga perlu melakukan evaluasi terhadap produk sendiri dengan kompetitor, sehingga akan terlihat kelebihan dan kekurangan yang perlu diperbaiki demi penjualan yang lebih efektif.

Jika anda masih bingung dan membutuhkan pencerahan lebih tentang USP, maka jangan sampai melewatkan webinar bertema “Sistemasi dan Digitalisasi Bisnis” pada Sabtu, 26 Maret 2022 yang akan datang. Anda akan belajar mulai dari membuat bisnis go digital, eksekusi konten, penggunaan website hingga unique selling proposition.

Keuntungan lain yang akan anda dapat adalah E-sertifikat, doorprize menarik, dan diskon layanan DKing 20-25%. Yuk daftar sekarang di : webinar.dking.id atau bisa menghubungi kami di Contact person : 0821-4736-9502.